Wednesday, May 9, 2012

PERMASALAHAN YANG TERJADI DI DESA


Apa sih yang menyebabkan Desa Cempaka ini kurang berkembang???

Desa cempaka ini kurang berkembang di karenakan faktor pendidikan yang sangat minim di desa ini serta faktor ekonomi.

Faktor pendidikan

Pendidikan di desa ini sangat kurang sekali, terbukti dengan sedikitnya bangunan sekolah yang ada di desa ini. 3 bangunan tingkat SD, 1 bangunan tingkat SMP dan SMA sedangkan untuk perguruan tinggi nya mereka harus pergi keluar desa. Hal ini yang menyebabkan pendidikan penduduk desa cempaka hanya sampai jenjang SMA, bahkan masih banyak yang SD saja tidak lulus, maka kebijakan desa membuat paket A, paket B, dan paket C sehingga mereka bisa tetap lulus walaupun sudah tua.


Di desa cempaka ini masih banyak orang yang buta huruf di karenakan dulu sebelum ada bantuan dari pemerintah (BOS) mereka tidak sekolah, di karenakan tidak mampu membayar uang sekolah. Di desa ini ada anak nakal dengan total 2 orang (2007) dan penyandang cacat sekitar 28 orang (2007).

Faktor ekonomi

Di karenakan pendidikan yang minim sehingga pekerjaan pun sangat sedikit, sehingga banyak pengangguran, ini menyebabkan ekonomi desa menjadi rendah.  Tetapi sejak banyak pabrik yang berkembang, warga desa banyak yang bekerja di pabrik-pabrik tersebut, sehingga jumlah pengangguran sudah berkurang.

Sebenarnya pemerintah memberikan bantuan berupa uang, yang disebut dengan spp ,tetapi warga sering menyalahgunakan uang tersebut yang seharusnya untuk buka usaha malah untuk judi. Selain itu warga juga sering tidak mengembalikan uang tersebut sehingga bantuan spp ini mulai diberhentikan.


Selain faktor di atas masih ada faktor lainnya seperti sarana dan prasarana, informasi yang masih belum berkembang, dsb.

0 comments:

Post a Comment

Pages - Menu

Popular Posts

Followers